Sabtu, 25 September 2010

Foto Berbicara: Office


Menjadi blogger secara tidak langsung dapat menyalurkan mimpi saya menjadi reporter. Tidak jarang dalam berbagai event di kantor saya berperan sebagai seksi dokumentasi. Lucunya saya lebih suka mengambil foto dari event non-formal, alias mengamati kejadian yang menurut beberapa orang tidak terlalu penting sehingga hasil jepretan saya hanya masuk dalam file pribadi, bukan untuk disebarkan lewat media internal kantor. Tidak masalah, justru saya bisa bercerita banyak dari 'foto tidak penting' tersebut, karena setiap tempat (termasuk kantor) memiliki kebiasaan dan budaya yang berbeda bukan.

Selamat Ulang Tahun
Tradisi minta ditraktir oleh teman yang sedang berulang tahun sih bukan hal yang aneh. Akan menjadi hal yang berbeda kalau ini terjadi di kantor saya, hukum mentraktir rekan satu ruangan (kira-kira 30 orang) adalah wajib dan harus dilakukan. Untuk membuat yang berulang tahun mau mengeluarkan budjet lebih untuk membeli makan siang ekstra dilakukanlah trik tertentu, mulai dari yang paling biasa (sekedar mengingatkan atau menyindir secara halus) sampai yang paling ektrim:



Selebaran berisikan info (terkadang plus foto) yang berulang tahun akan bertebaran di seluruh sudut ruangan: meja setiap orang, mading, tempat absen, mesin fotokopi, di dekat jam dinding, pintu masuk, tidak ada yang luput dari serangan selebaran ini. Kalau super apes selebaran bisa mampir ke ruangan divisi lain, yang artinya kuota orang yang harus ditraktir bertambah banyak. Mau melepaskan sendiri semua selebaran adalah usaha yang sia-sia, karena tetap akan bermunculan sampai traktiran diberikan. Kalau traktiran sudah tersedia, otomatis selebaran akan dibersihkan dengan sukarela.

Sampai hari ini, yang selalu mendapat teror seperti ini adalah kaum adam. Alasannya sudah pasti karena mereka paling sulit diminta jatah traktiran. Kalau kaum hawa sih biasanya sudah mengantisipasi kejadian ini dengan membawa makanan atau membelikan jatah makan siang.

Dilarang Makan Disini
Saya: 'Pus, sejak kapan ada larangan itu disini?'.

Pusti: 'Larangan apa?'.

Saya: 'Itu....'.


Pusti: 'Haaahh.... sejak kapan? Gue baru liat deh'.

Saya: 'Makanya gue nanya karena gue juga ngga tau dodol'.

Pusti: 'Eh, tapi kan kita emang ngga boleh makan di meja kerja. Kayak sarapan ato makan siang gitu kan di pantry'.

Saya: 'Terus, cemilan apa nasibnya dong?'.

Pusti: 'Iya ya.....'.

suram

Pusti: 'Tapi ko peringatannya mojok gitu sih? Kenapa ngga dipasang di pintu masuk aja'.

Saya: 'Yeey... kalo dipasang di pintu masuk sih sekalian aja tulisannya diganti 'Dilarang memberi makan kepada staff dalam ruangan ini'. Lo kira kita kebon binatang apa'.

Sindrom Pasca Lebaran
Tidak perlu khawatir kalau lebaran kemarin tidak kebagian jatah cuti dan tidak bisa pulang kampung karena oleh-oleh dari rekan yang beruntung bisa mudik akan mengalir lancar. 

Awalnya seperti prasmanan, lebih esklusif. Makanan khas lebaran seperti tape uli dan kue-kue lebaran masih tersedia.



Lama-kelamaan lebih sering bertebaran berbagai keripik, kerupuk, dan makanan kering khas daerah masing-masing. Ada kerupuk kemplang dari Lampung, kerupuk ikan dari Palembang, kacang disko dan kacang koro dari Bali, keripik nangka dari Malang, dan berbagai makanan kering lain yang saya tidak tahu asalnya numplek di salah satu meja kerja yang kosong. Karena divisi saya  banyak berhubungan dengan berbagai divisi maka setiap hari ada saja cemilan baru yang diberikan divisi lain. Inilah penyebab utama mengapa berat badan dengan mudahnya naik setelah lebaran.



Akhirnya, dengan sekian banyak cemilan dan tidak sedikit yang belum habis, tumpukan makanan ini terlihat mengganggu dan mengundang berbagai binatang pengganggu. Hingga akhirnya atasan menegur dan menyuruh kami membereskan semuanya. Kalau sudah begini baru deh mikir, mungkin peringatan yang saya bahas sebelumnya memang sebaiknya diterapkan ya.

21 komentar:

  1. Hai...salam kenal :)
    waahh..cerita paska lebarannya sama kek dikantor saya, kue2 n cemilan bertebaran dimana2..tp awasss..hati2 makanan kadaluarsa..hehe
    OK..suksess bwt kerjaannya-suksess juga bwt ng-bLognya...
    cheerrss up!

    BalasHapus
  2. Sama Ocha.. kayaknya yang namanya kerja kantoran emang gitu yak. Di kantor saya abis lebaran juga sisa-sisa oleh-oleh yang pada mudik juga numpuk.. bedanya : ada tempat khusus mangkal buat mengudap. JAdi nggak keliatan dari luar.
    nah, kalo ulang tahun.. HCD biasanya udah kasih email ke semua staff.. ya karena semua tahu..mau nggak mau emang kudu traktir.
    *untung di kantor saya orangnya cuman dikit*

    BalasHapus
  3. @ Dhe: hai, salam kenal :) thanks for visiting. *segera meluncur ke tempat Dhee*.

    @ Gaphe: sama, ada pemberitahuan dari email HRD juga. Makanya, cara seekstrim ini cuma ada di tempat saya :)

    BalasHapus
  4. ehehehe...
    enak juga ya kehidupan di kantor tuh.
    Dija belom tau Tante..
    tapi kalo soal makan makan, Dija juga pingin.
    kan Dija belom pernah makan.
    hehehhe minum susu doang

    baru kemaren dikasi makan buah

    BalasHapus
  5. kalo bersih-bersih aja..
    dan tidak mengundang binatang pengacau datang,
    mungkin atasan juga membolehkan makan d kantor..

    atau...
    atasannya juga diajak makan ajaaa
    hehehee

    BalasHapus
  6. jadi inget jaman saya masih kerja kantoran. kurang lebih sama. hehehhee

    BalasHapus
  7. betapa gigihnya mengucapkan selamat buat yg ultah, appreciated!! huhu.. dah bener ga sih nulisnya :P
    kalo makanan ole2 sampe sisa banyak gitu, mungkin teguran jg bwt yg bawain, kalo ole2nya kurang enak tuh.. *eh*

    BalasHapus
  8. Cha, sama tuh tradisinya sama kantor lama gua. Kalo ulang tahun hrs traktir orang sekantor hahaaaa. Biasanya sih gua bawa cake...

    Kue lebarannya kirim kesini yah

    BalasHapus
  9. aiiihhh asiknya di kantor Merry, keknya kantor Merry seruuuu... iri sayaaa... yg dikantor sepi sepi sepi... dan gak ada cerita seru berbagi hasil mudik, huhuhuhh...
    apalagi seru2n karena ada yg ultah,, aahh bener ngiri dehh liatnya :D

    BalasHapus
  10. sebenarnya yang bikin kita kangen kerja tuh karena suasananya ya.. ktemu temen2, ketawa ketiwi.. gimana ga ngangenin?

    salam kenal yaa...

    BalasHapus
  11. waduuh..itu yang ulang taun apes bgd mbak smpe ada selebarannya gt, hehehe..
    klo dikantor ku,pasti langsung ada sarapan bersama diruang miting *tp untungnya gag ky antrii busway :D

    BalasHapus
  12. wuuuiiihhh kl ngemil sampe dilarang juga, berarti kejam sekali

    BalasHapus
  13. Wah, yg ultah harus siap2 budget tuk mentraktir teman2nya..?
    Kalau pas gak ada budget, mangkir aja dari kerja... hahaha

    BalasHapus
  14. Sepertinya acaranya gak jauh dari makan2 ya mbak..? hehehe

    BalasHapus
  15. woogh kalo traktir seruangan ada 30 orang gimana kalau di kantor gue yaah ada 50-an orang wakakakakka..

    BalasHapus
  16. jeng merr..
    ceritanyaa lucu dan seruuu
    sukaaa:)
    dulu waktu masih kerja di jogja, yang diharapkan bawa oleh2 kalo mudik ya cuma saya aja, secara cuma saya yang olehnya khas: balado. Teman kantor yang lain rata2 orang jawa yang kampungnya ga jauh2 amat dari jogja..
    edisi menggelar oleh2 biasanya lebih sering terjadi di kosan..itulah yang membuat kami anak kosan jadi lupa akan kesengsaraan barang sejenak :)

    BalasHapus
  17. huaaaah.... jd inget waktu masih sekantor sama Cipu. Tiap hari adaaa aja makanan bertebaran, sampe punya meja khusus buat naro makanan2 gitu, namanya meja persembahan hahaha....

    BalasHapus
  18. Hehe... Seru juga ya? Ke kantor serasa piknik, banyak yg bawa bekal makanan.

    BalasHapus
  19. Untung deh kantorku gak banyak karyawa jd terhindar dari resiko berat badan bertambah setelah liburan...

    BalasHapus
  20. Jihahaha.. Itu di foto terkhir, bos2-nya lg pada ikutan ngabisin sisa kue2ya ya, Ca?? :P

    BalasHapus