Kamis, 21 Oktober 2010

Biggest Flashmob in Indonesia

Saya mau share salah satu event yang diadain di Jakarta tanggal 10.10.10 kemaren nih. Beberapa mungkin sudah melihat official video Mizone Flashmob di Youtube atau TV (ssstt...saya ke-capture loh), tapi mungkin beberapa belum ngeh benar dengan istilah flashmob dan bagaimana persiapan di balik flashmob itu sendiri.

Flashmob sendiri mengacu pada sejumlah orang dalam skala besar yang melakukan sebuah kegiatan secara tiba-tiba dalam waktu singkat di tempat umum, kemudian bubar seolah tidak terjadi apa-apa. Kegiatan yang dilakukan bisa menari bersama, menyanyi rame-rame, atau tiba-tiba membeku selama beberapa menit. Acara ini lumayan happening di seluruh kota besar dunia. Salah satu yang paling besar adalah flashmob yang dilakukan Black Eyed Peas dalam rangka ulang tahun Opray Winfrey. Tidak kurang dari 20.000 orang ikut bergoyang diiringi lagu I Got A Feeling.



Siapa sih yang nggak mupeng pengen ikutan acara seperti itu. Indonesia memang pernah mengadakan beberapa kegiatan flashmob tapi belum ada dalam skala besar. FlashmobIndonesia.com akhirnya diluncurkan untuk menjawab keinginan ini. Dalam waktu 25 hari, flashmob Indonesia merancang dance flashmob terbesar di Indonesia. Saya sudah tahu event ini dari awal, tetapi baru memutuskan ikut mendaftar setelah melihat video tutorial diluncurkan. Ini sebagai tanda bagi saya kalau acara ini dirancang dengan serius.

Cara mengumpulkan massa dilakukan melalui jejaring sosial, mendatangi beberapa tempat nongkrong anak Jakarta, dan mengajak beberapa komunitas untuk turut serta. Informasi diberikan melalui newsletter sehingga acara ini dapat dirahasiakan dari publik. Video tutorial disebarkan lewat youtube dan setiap peserta diharapkan mempelajari setiap gerakannya, nggak lucu ah ikutan dance flashmob tapi nggak hapal gerakannya. Karena baru mendaftar 8 hari sebelum hari H, saya harus berlatih mengikuti gerakan di jam sepulang-kerja-sebelum-tidur. Sekitar jam 10 malam, saya jingkrak-jingkrak dalam kamar, kepentok berbagai perabotan karena ukuran kamar yang tidak memadai, dan akhirnya ngos-ngosan setengah mati setiap satu sesi gerakan berakhir (ergh, inilah akibat jarang olahraga).



Flashmob Indonesia juga mengadakan dua sesi rehearsal latihan bersama. Disini peserta dapat berlatih gerakan dance bersama ratusan peserta lain, mendapat info terbaru dari panitia, dan peserta dibagi dalam kelompok besar. Setiap kelompok terdiri dari 10 - 40 orang, kelompok A-J adalah kelompok sentral yang berisi dancer profesional, sedangkan kelompok paling bontot yang dimulai dengan huruf AA - Asekian termasuk golongan ABG labil yang tidak serius mengikuti acara dan menghapal gerakan. Saya dan ratusan peserta lain yang terjebak di kelompok K - Z adalah peserta yang mendaftar via web dengan tujuan utama ingin meramaikan flashmob terbesar di Indonesia ini.

 Rehearsal day 2 with Nenes.

 Sepatu olahraga yang akhirnya go public juga.

 
 Setiap kelompok masuk ke dalam tarian dalam gerakan yang berbeda.
 Masuk dalam tim U.

Another team U member :)

Sekedar info, flashmob ini disponsori oleh Mizone. Saya sudah menebaknya saat video tutorial diluncurkan dan memakai lagu tema Mizone. Sisi positifnya sudah pasti acara di-arrange lebih serius dan rapih. Yang menyebalkan mungkin karena kelompok sentral menempati barisan awal dan menari hampir separuh lagu, sedangkan kelompok bontot kesannya sebagai peserta yang diikutsertakan hanya untuk memenuhi kuota 1000 orang.


Video rehearsal hari kedua (Saya ada di bagian ujuuuuuung paling belakaaaaang.........).

Acara dilaksanakan tanggal 10.10.10 mengambil tempat di daerah bunderan HI. Karena tanggal sakral tersebut bertepatan dengan World Walk Day tidak mungkin flashmob diadakan tepat di bunderan HI, jadi lokasi dimundurkan ke depang gedung menara Eksim dan menara BCA. Hari minggu tanggal 10.10.10 bertepatan dengan car free day peserta diharuskan datang pukul 6 pagi subuh untuk briefing acara. Inilah cobaan terberat bagi saya. Masuk kantor yang jam 8 pagi saja saya harus berangkat setelah salat subuh, itu pun menggunakan bis langganan yang setia menjemput. Bagaimana saya bisa sampai ke bunderan HI jam 6 pagi subuh di car free day? Yah, terkadang taksi menjadi satu-satunya alternatif yang bisa diambil.

Dan inilah hasil dari perjuangan dan pengorbanan seluruh peserta flashmob Indonesia. Video berdurasi 4 menit yang menjadi video flashmob terbesar di Indonesia.


Kalau mau dipikir pakai akal sehat, mungkin tidak worth it sekali pengorbanan seluruh peserta demi video tersebut. Hanya berdurasi 4 menit dan kebanyakan hanya mengambil gambar barisan depan yang isinya dancer profesional (that's why barisan depan dancer semua, biar bagus dan ngga malu-maluin produk). Saya sendiri baru masuk menari di 'gerakan pancoran' dan ikut menari tidak sampai 2 menit. Tapi itu semua menyenangkan! Menyenangkan bisa melakukan sebuah kegiatan yang berbeda dengan rutinitas sehari-hari, menyenangkan bisa menjadi bagian besar dari flashmob Indonesia, menyenangkan bisa bertemu dan berkenalan dengan teman-teman baru, menyenangkan bisa mencoba hal yang baru, dan menyenangkan bisa melakukan hal ini bersama seorang teman dekat.

 Team U.

 
 Practicing 'gerakan pancoran' dance.

 Lohh... Kok ada Exort? (jawabannya di postingan selanjutnya ya).

 Proud being participant in Indonesia's biggest flashmob.


Special thanks:
- Nenes, for being the best partner in crime. Ayo kita merencanakan 'kejahatan' selanjutnya.
- Exort, for...... (eer, di postingan selanjutnya deh).

24 komentar:

  1. Always be proud when you join in a cool massive activity like this.

    CHa, lu komplit deh as a person. Lu peduli dan lu mau aktif sama kegiatan2 kek gini. Salut gua....

    I see Ocha @02.54 in this video. Loncat2 kegirangan yah Cha. Anyway it is very very cool. Love this post as well. Another good post from you

    BalasHapus
  2. sayang sekali gw ga bisa dateng di acara ini. sepertinya rame.

    BalasHapus
  3. aku uda liat mbak rosa, hehehe...pas share di fesbuk aku langsung penasaran, dan seru bgd iih liatnya..keren!
    sampe aku donlot loh videonya, dan emang keren bgd meski ditonton berulang2.

    ooo..ternyata dancer professional yg didpn itu :D

    BalasHapus
  4. saya liat liputannya di Insert Trans TV (ketauan nih, tukang liat gosip:P).. kereeenn.. pengen ikut, tapi tenyata diadainnya di Jakarta :(

    semoga bisa diadain juga deh ntar di kota lain..

    BalasHapus
  5. Keliatan banget serunya...
    dari awal aq liat foto-2 yang diupload ke fb aja uda ketauan banget kalo acaranya pasti seru banget..cuma sayang ya hanya diadakan di jakarta..

    BalasHapus
  6. Wew!! Seru, seru.. Baru tahu juga nih ada istilah flashmob, hehe.. Trus itu pas hari H orang-orang bener2 pura-pura ngumpul dan seolah-olah gabung gt aja, trus pas udh kelar ngeloyor pergi seolah-olah ga ada apa-apa gt ya? yang ga tahu cuma bisa melongo dong ya? hehe.. trus ada ga org yg ga tahu trus ikut2an gt? :D

    BalasHapus
  7. oooh... ternyata pake latihan dan ada video tutorialnya yaa..
    hehehehe baru tau.

    aku kira, spontan aja gitu.

    keren tuh acaranya.

    setuju sama Cipu, Rossa nih keren banget, aktif kalo ada acara acara seperti ini. salut deh...

    BalasHapus
  8. ros tx ya uda ngasih tau acara ini
    gw salut ama elo pagi2, jauh2 dari bogor mau ikutan acara ini yang menurut gw nih acara cool bgt, semoga diadaain lagi deh
    anw elo uda tau gw jelek, kok foto yg dipostingnya pas gw lagi jelek gitu, pan gw jadi + jelek hiks

    BalasHapus
  9. Ocha kereeenn, asiknya bisa ikutan kegiatan seperti itu, sampe rela berangkat dari rumah Subuh2 gitu...

    BalasHapus
  10. Utk nonton videonya kudu sabar.... 'coz inetnya lemot banget... hikss...
    Ternyata emang bener2 menarik deh mbak. Aku baru tahu istilah flashmob dari mbak Ocha lho... hehehe (telat banget)

    BalasHapus
  11. Dengan sabar nungguin tayangan youtube karena pengen lihat aksi mbak Ocha... hehehe
    Kenapa hanya diselenggarakan di Jakarta ya...?

    BalasHapus
  12. @ Cipu: wooohh.... you're too much pu :D *blushed*

    @ Reborn, gaphe, batz: coba buka www.flashmobindonesia.com deh, trus daftar jadi anggotanya krn mizone akan mengadakan flashmob lagi di kota-kota besar seluruh Indonesia. Siapa tau mampir ke kota kalian.

    @ dv: kalo di Jakarta diadain lagi, kamu ikutan juga ya :)

    @ Herfina: peserta flashmob membaur dengan kerumunan orang yang ada, pura-pura heran dengan sekelompok orang yang tiba-tiba nari, tau-tau mereka juga ikutann nari. Selesai nari mereka bubar gitu aja, seolah-olah ngga ada kejadian apapu. Tujuannya emang untuk mengejutkan kerumunan atau publik sih. Kalau mereka tiba-tiba ikutan nari kayanya ngga mungkin ya, kan mereka ngga tau gerakannya, trus mereka juga pasti lebih condong terbengong-bengong melihat ribuan orang tiba-tiba nari ;)

    @ mba Elsa: Kalo untuk dance kayaknya musti pake tutorial sih mba, kalo ngga nanti gerakannya ngaco semua. Tapi flashmob di luar negeri sih biasanya cuma tutorial via video yg disebarkan lewat web, tanpa ada rehearsal bareng seluruh peserta.

    @ exort: wahahaha maap... abis foto ini kan bukan hasil capture-an lo. Di postingan berikutnya dipasang yg bagus deehh ;)

    @ Diah: abis acaranya pagi, jadi musti berangkat pagi.

    @ mba Reni: wuuuaah mba, makasih ya bela-belain nunggu buffer videonya kelar demi liat flashmob ini. Nanti kalo flashmobnya mampir ke kota mba Reni, pasti mba bisa ngerasain semangat flasmob yang lebih besar lagi :D

    BalasHapus
  13. wah, seru banget acaranya! belum pernah dengar acara begini sebelumnya, pasti sangat berkesan ... :)

    BalasHapus
  14. Hehe... Meski kepentok perabotan, hasilnya memuaskan ya?

    BalasHapus
  15. kalo mo donlot gimana ya? liat di yutub keputus2 euy, lemot banged :(
    padahal keknya seru, liat yg kepotong2 aja seru :D

    BalasHapus
  16. dapet undngan juga neh dari rekan sekomunitas buat join acara ini, but krn kesibukan kerja #soksibuk ga bisa ikut deh
    seru neh kayaknya :D

    BalasHapus
  17. waaaaah.... hebat bgt euy si neng rossa ini, perasaan kegiatannya aneh2 aja... nobar, flashmob hahahaa.. tapi SERUUUUU !!!! *acung dua jempol*

    BalasHapus
  18. angel pengambilan gambar yang indah sekali :)

    BalasHapus
  19. aku ga ikutan..
    :(
    seru ya ternyata..

    BalasHapus
  20. Penggeeeennnn ikuuuuttt^^
    Lagu pengiringnya punya Mika, love today itu ya??? Aku seneng banget ngeliat iklannya.... Wah kamu emang tahu caranya bersenang-senang^^

    BalasHapus
  21. Ayo, yg semangat ya olah raganya! :))
    Duh, hrs punya niat yg besar ya kalo mau ikutan olah raga kayak begini, dulu pernah ikutan senam yg di Ancol tiap pagi, tp cuma bertahan sekali! Hahaha.. Emang dasar ga hobi olah raga :P

    BalasHapus
  22. wah acaranya seru yaa... sayangnya missed info (gak gaul), kalau tau pengen juga tuh ikutan. salam kenal rossa :)

    BalasHapus
  23. wah, seru bangetttttt...... >.<
    kalau lagi di sana, aku pasti ikutan ^^
    bodi seger, pikiran dan hati juga :)

    BalasHapus