Minggu, 01 November 2015

Blogging Because Sharing is Caring

Setelah sekian lama hiatus (dan tidak bisa memilih kalimat pembuka yang cukup baik), saya akan mengawali postingan ini dengan sebuah pertanyaan? Untuk apa kalian nge-blog? Pertanyaan yang cukup berat dan mendasar yang bahkan para blogger pun enggan untuk menjawabnya. Namun nyatanya pertanyaan ini mampu membangunkan saya dari tidur panjang. 

Saya pernah menyebut blogging sebagai passion. Hal yang bahkan tidak dibayar pun saya mau melakukannya. Hal yang saya bahagia melakukannya. Tapi ternyata kata sakti bernama passion juga dapat dipatahkan oleh dalih kesibukan. Tambahkan pula kata malas maka sehebat apapun sebuah passion, dia akan mati dengan mudahnya. 

Nyaris sepuluh bulan saya total hiatus. Bulan-bulan sebelumnya pun hanya sedikit sekali postingan yang saya muat dalam laman ini. Seorang teman pernah berkomentar, “Cha, jarang nge-blog tapi travel jalan terus.” Iya, saya memang melakukan banyak perjalanan, yang niatnya akan saya tuliskan di blog seperti biasa, namun niat itu hanya mengendap lalu akhirnya terlupakan. 

Sebut saya idealis, namun beberapa tahun belakangan ini saya ingin membuat catatan perjalanan yang lebih mengarah pada travelogue, bukan sekedar panduan perjalanan yang semata membagikan itinerary, rincian biaya, berbagai tips ‘how to…’ Saya ingin melakukan pendekatan personal, yang ternyata lebih menguras pikiran saat menuangkannya dalam bentuk tulisan sehingga saya tidak pernah puas dengan hasilnya. Saya berpikir terlalu rumit, terlalu mengejar kesempurnaan, terlalu ingin terlihat berbeda dengan travel blogger lain. Dan ujungnya malah tidak ada postingan sama sekali…

Saya pernah malu sekali saat seorang travel blogger mengirim email, “Cha, aku cari-cari tulisan kamu tentang Lombok di blog kok belum ada ya? Bisa minta link-nya? Aku mau ke Lombok akhir bulan ini.” Malu sekaligus sedih, karena saya hanya sekedar share foto-foto Lombok dalam social media dan blog tanpa ada tulisan sedikitpun. Padahal ternyata, tulisan itu akan dapat membantu blogger lainnya. Pada akhirnya, saya meminta maaf dan mengirimkan itinerary serta beberapa pengalaman serta tips di Lombok lewat email. 

Dari kejadian itu seharusnya saya sadar, beberapa travel blogger yang mengetahui record perjalanan saya dari social media ternyata masih mengandalkan saya dalam mencari informasi. Seharusnya ini melecut saya untuk kembali menulis dan berbagi, namun nyatanya saya masih tetap tenggelam dalam hiatus panjang. 

Salah satu kejadian yang cukup menampar saya terjadi di Osaka, Jepang beberapa waktu yang lalu. Salah seorang roommate saya ternyata orang Indonesia yang juga solo traveling. Kami berbicara banyak tentang rencana selama di Jepang dan dia mengatakan betapa terbantunya dia saat menyusun itinerary dari tulisan para blogger. Kata saya, “pasti kamu baca blognya mbak Vicky ya,” karena tulisan si mbak ini memang super detail dan saya pun banyak terbantu olehnya. Ucapan saya di-iya-kan oleh dia, dan dibalas oleh pertanyaan, “kenal mbak Vicky darimana?” Dari blog, tentu saja. Dengan mudah dia menyimpulkan, “oh, travel blogger juga ya? Nama blognya apa? Nanti aku mampir ya.”

Saya tertegun sebelum menjawab, “Merry go Round, tapi udah lama hiatus…”

Malu. Sedih. Merasa menyia-nyiakan sekian pengalaman yang seharusnya bisa saya bagi pada orang lain. 

Beranjak ke Kyoto, di tempat saya menginap ternyata banyak sekali orang Indonesia. Usut punya usut, tempat saya menginap mendapat banyak review positif dari travel blogger Indonesia sehingga mereka memutuskan untuk menginap disana. Beberapa nama travel blogger yang disebutkan pun tidak asing di telinga saya. 

Terakhir, dalam pesawat pulang dari Tokyo menuju Kuala Lumpur. Penumpang sebelah saya, seorang ibu-ibu yang duduk terpisah dari rombongannya senang sekali bertukar cerita selama di Jepang. “Kami jalan sendiri, nggak pakai tur jadi lebih bebas. Itinerary-nya dari hasil baca-baca blog orang-orang yang pernah ke Jepang. Kamu suka travel begini juga pasti nge-blog juga ya?” tembaknya langsung. 

Lagi-lagi saya merasa tertampar. “Iya, nge-blog, tapi udah lama nggak nulis,” aku saya.

“Wah, nulis dong, itu ngebantu orang-orang awam seperti saya loh.” Kemudian dia meminta alamat blog saya dan saya pun berjanji akan menulis lagi. 

Kembali lagi pada pertanyaan saya di atas. Beberapa orang nge-blog karena passion, idealisme, uang, imbalan, kuis, lomba, event, sebagai buzzer, materi bukunya kelak, pamer, narsis, bentuk eksistensi diri, dan beribu motif lain yang dapat dijadikan alasan. Apapun maksud mereka menulis di blog, toh pada akhirnya tulisan itu akan menemukan ‘fungsinya’ sendiri. Saat saya akan membeli make up, tak jarang saya membaca review dari pada beauty blogger yang mengerti benar produk yang mereka bahas. Ketika saya ingin mencoba kuliner di suatu daerah, saya merujuk pada tulisan para food blogger. Dan saat akan melakukan perjalanan, saya membaca pengalaman travel blogger. Tanpa disadari, tulisan yang dibuat para blogger ini sebenarnya sangat membantu manusia awam seperti saya. 

Jadi, berhentilah berpikir terlalu rumit,berhenti mengejar kesempurnaan, berhenti berusaha terlihat berbeda dengan travel blogger lain. Kembali pada motif dasar: menulis untuk berbagi, karena sharing is caring. Menulis, membagi cerita kepada dunia, apapun latar belakang yang mendasarinya. Sharing is caring. Kalian tidak akan pernah tau bagaimana tulisan yang ter-publish di laman internet akan membantu orang lain. Sharing is caring, karena itu saya kembali menulis. 

4 komentar:

  1. welcome back!!
    glad to know that your hiatus time is finally over:)

    BalasHapus
  2. yang pasti sie, awalnya emang pengen sharing ide dan cerita aja, kadang males nulis, kadang rajin nulis, tapi intinya sharing :D

    BalasHapus
  3. setuju mbaaa.. can't wait to read ur posting :D

    BalasHapus
  4. Motivasi utama blogging adalah sarana sharing DIY (Do It Yourself) karena dari dulu ada beberapa project DIY yang sudah didokumentasikan namun belum ada wadah untuk menyimpannya, dan ternyata....blog adalah wadah yang tepat.

    BalasHapus