Rabu, 14 Juli 2010

Blythe Doll

Saat surfing di Flickr beberapa waktu lalu, saya menemukan foto boneka super cute. Berbeda dengan Barbie yang tinggi semampai, kurus, selalu tersenyum, girly, mewah, namun terlihat bodoh, Blythe adalah boneka dengan ukuran cukup tinggi (28cm) dengan kepala dan mata besar yang khas. Terlihat lebih cukup gizi dibanding Barbie. Yang lebih membedakan lagi, warna mata Blyhte dapat diganti dan dapat diarahkan ke berbagai posisi sehingga lebih ekspresif.



Blythe diciptakan tahun 1972 dan hanya dijual selama satu tahun oleh perusahaan mainan Kenner. Tahun 2000, buku This is Blythe diterbitkan dan tahun 2001 perusahaan mainan Jepang, Takara, mulai memproduksi edisi baru boneka Blythe. Boneka Blythe dikenal juga sesuai nama dagangnya, Kenner atau Takara. Di Inonesia sendiri boneka Blythe belum cukup dikenal dan sulit dicari. Pemesanan dapat dilakukan secara online di www.thisisblythe.com

Harga sebuah boneka Blythe terbilang mahal, berkisar antara $135 - $200. Belum lagi berbagai aksesorisnya; baju ($18 - $46), sepatu ($7 - $16), kornea mata ($4,75), wig ($18), sunglasses ($16 - $42).



Hobi mendandani boneka Blythe biasanya sejalan dengan hobi menjahit atau fotografi. Pemilik Blythe seringkali mendandani bonekanya dengan baju rancangan sendiri, tak terlihat aneh karena pemilik Barbie juga melakukan hal yang serupa. Yang menarik adalah mereka menjadikan bonekanya sebagai objek foto dan pencitraan diri. Boneka Blythe memang lebih ekspresif sehingga cocok dijadikan objek foto, dan cara pemiliknya mendandani Blythe masing-masing dapat mencerminkan kepribadian mereka. Terdapat beberapa komunitas Blythe yang saling berbagi foto dan mengupdate secara berkala perkembangan boneka masing-masing. Salah satunya saya temui di Flickr.



Kalau saya lebih suka bernarsis ria di depan kamera, maka pemilik Blythe lebih senang boneka mereka yang diabadikan dalam foto. 



Kecenderungan khas orang Indonesia (termasuk saya) saat bepergian adalah foto di tempat-tempat yang merupakan icon dari kota tersebut. Tetapi, jika pemilik Blythe yang bepergian, maka hasilnya akan seperti ini.


Saya sih iri aja gitu sama yang terakhir ini. Kalau saya yang ke Paris, mana mau bela-belain take great photos of my blythe, mending saya sendiri yang foto bareng Eiffel.

27 komentar:

  1. nice posting ..

    lucu yaa blythe ^^
    kalo aku punya blythe,
    terus jalan-jalan ke paris, akunya dulu yang foto di eiffel, baru gantian dia .. :D hehehehehe

    salam kenal .. ^^

    BalasHapus
  2. hoo pantes dari postingan yang lalu juga gambarnya blythe :D

    BalasHapus
  3. tapi matanya serem akh...gede banget.ehhee..
    btw, aku pernah ke vatikan juga, tapi pas ke Eropa. ini linknya http://perjalanan-fanny.blogspot.com/2009/03/vatikan-yang-puanaasss_04.html

    BalasHapus
  4. aku juga gak sreg deh ama matanya yang menurutku terlalu gede, ada kesen serem^^ wah gila uang segitu buat belanja boneka, untung aku gak hobby ya, bisa bangkrut^^

    BalasHapus
  5. kok gw rada serem ya ama matanya banget ya, versi yg aslinya emang besar ya matanya? apa pas buatan jepangnya aja yg dibesarin matanya? kartun2 jepang kan rata2 punya muka kecil tp bermata besar

    BalasHapus
  6. ehmmm...
    menurut km lucu ya..??
    menurut aku matanya bukan hanya ekspresif, tapi serem...
    trus tuh kepalanya kena hidrochepalus tah? gede amat, hehehe.. :D

    BalasHapus
  7. gak ada boneka cowoknya ya?... waah, single mother tuh!. hahaha

    BalasHapus
  8. mauuu.. tp mahal..
    bonekanya diajarin narsis. hehe..
    :p

    BalasHapus
  9. iyah ih matanya menakutkan mbak :D
    jd inget chuky, hehehe..
    dan kynya boneka ini bukan maenan anak2 ya :D

    BalasHapus
  10. Rambutnya klo dipotong bisa numbuh lagi ga? dulu boneka barbie gw botak semua gw potongin rambutnya wkwkwkwk....

    BalasHapus
  11. pemilik Blythe itu juga narsis koq, kan kita bisa lihat dari ekspresi2 bonekanya, kan ekspresi bonekanya mencerminkan mereka jg kan yaakk :D

    ohh ya, knapa penjualannya cuma setahun y???

    BalasHapus
  12. iiih, bonekanya lucu bangeeeet!!!

    tpi rada menakutkan juga sii, kayak setan yang innocent gitu,wkwk

    BalasHapus
  13. iya, bonekanya lucu, cm serem kalo malem2 hehehe...
    iya mbak, keboo d bali, tapi keboo dari dulu suka buta jalan, jd nggak tau mw kmana2,hehe.. ke kuta aja bisa tersesat, hhhh...
    wah mau ke bali? kapan?

    BalasHapus
  14. Matanya serem ya? Menurut saya sih ekspresif. Well, pendapat tiap orang kan beda-beda ;)

    BalasHapus
  15. Hahaha,bener-bener, kok jadi bonekanya yang narsis yak? ;p

    BalasHapus
  16. jeng mer..,eskipun matanya sama-sama besar..aku lebih memilih boneka elmo aj...

    BalasHapus
  17. no comment about doll .... except panadol, dodol and cendol wakakakakak

    BalasHapus
  18. modis abis deh

    tapi matanya itu lho...

    koq daku merasa seram ya?

    BalasHapus
  19. lucu dan cantik yaaa
    pingin beliin Dija
    tapi kok mahaaaaaaalll

    BalasHapus
  20. Salam kenal ya ^_^
    Saya suka tampilan blogmu, rapi ^_^
    Isinya juga attractive.
    Hehehe, ngomong-ngomong soal boneka Blythe-nya, sepintas mengingatkan saya pada chuky. Tapi kalo diliat-liat manis sih, cuma gak cocok buat barang koleksi. Agak horror. ehe

    BalasHapus
  21. hahaha.....
    <<tapi koq menurut saya boneka itu serem ya,,,,, ???

    BalasHapus
  22. hihihihi....mata besar dan bisa diputer2....wow...menambah ke-spooky-annya kalo diliat malem2...apalagi kalo tiba2 pindah tempat dan pindah lirikan matanya...ahahahahahay...(Korban dari doyan nonton Chucky)

    BalasHapus
  23. girly banget ya bonekanya...tapi kalo lama2 liat matanya ko` saya berasa seram ya mba....

    BalasHapus
  24. kyaaaa!!! lutu banget...sayang harganya mahal...coba seharga pisang goreng pasti deyh bakal koleksi, he2! kak, follow nd kasi komen di blog aku yax! sankyuu...

    BalasHapus
  25. Kalau saya yang ke Paris, mana mau bela-belain take great photos of my blythe, mending saya sendiri yang foto bareng Eiffel.

    Hahahaha.. setujuu sama kalimat di atas :))

    BalasHapus
  26. gw malahan suka banget sama Blythe doll, sampai sekarang baru 9 Neo Blythenya hehe sama 2 middie Blythe. Seru loh.. apalagi untuk foto-foto, dan bisa di-custom dari muka dll . Cek aja disini foto-fotonya: http://www.pinterest.com/pikkableu/blythes-friends/

    BalasHapus