Jumat, 22 April 2011

Kartini Masa Kini

Hari Kartini. Jalanan Jakarta mulai semrawut dan saya sedikit tergesa menuju halte busway. Sekilas saya melihat busway yang berdatangan dan mata ini langsung tertarik ke sebuah pemandangan menarik. Pramudi busway itu mengenakan pakaian daerah. Bukan kebaya simpel yang kebanyakan wanita Jakarta kenakan pada hari itu sebagai solidaritas untuk merayakan Hari Kartini, tetapi sebuah pakaian adat Minang berwarna merah cerah lengkap dengan kain sarung berhias benang emas sebagai bawahan. Tidak lupa tambahan aksesori selendang kain songket plus sunting (hiasan kepala) Minang yang ukurannya tidak kecil. 

Saya terpesona.... Speechless. Busana yang cantik. Sang pramudi dengan badannya yang sedikit besar berada di belakang kemudi bus TransJakarta, mencoba menembus keruwetan Jakarta. Kartini pasti bangga jika punya kesempatan melihat hal seperti ini. Sejenak kemudian saya dan pramudi bus sempat beradu pandang, mungkin dia menyadari tatapan kagum saya yang terus mengekor dia. Saya tersenyum lebar sembari mengacungkan jempol untuk memuji penampilannya pagi itu. Dia membalas senyum saya, menularkan semangat Hari Kartini dan melanjutkan pekerjaannya. Sunting emas di kepalanya bergoyang dinamis mengikuti ritme bus. 
Selamat Hari Kartini. Bukankah menyenangkan jika semua perempuan di Indonesia memiliki kesempatan untuk mendapat pendidikan layak dan kesempatan kerja yang sama dengan kaum lelaki.  

16 komentar:

  1. sepertinya uda ga ada lagi pekerjaan di Indonesia yang ga bisa dilakuin oleh wanita (presiden aja pernah perempuan) jadi kalau gw bilang Kartini ga sia-sia perjuangannya

    BalasHapus
  2. Kartini pasti bangga wanita sekarang hebat2....hehe.... selamat meneruskan perjuangan Kartini :)

    BalasHapus
  3. kemarin liat liputan Kartini juga, ada salah 1 Pramudi yang diliput, sayang banget waktu di Jakarta kemarin gk liat pramudi perempuan.

    Ibu Kartini pasti bangga Wanita Indonesia sudah bisa setara dalam hal mendapatkan kerja dan pendidikan..

    BalasHapus
  4. wah.... bayangin ah...pasti cantik banget ya mereka pake baju kayak gitu....

    BalasHapus
  5. aahh sayangg aku ngelewatin itu, hari kartini kemarin pulang pergi ga naik transja..klo taun kemarin liat mereka pake kebaya..

    koq ga di poto mbak?

    BalasHapus
  6. wah, keren :)

    jadi mbayangin kalo misalnya sewaktu hari kartini semua wanita indonesia berlomba-lomba memakai pakaian adat (kayak waktu TK gitu deeh)

    bakalan repot sih, tapi pasti keren banget :D

    BalasHapus
  7. Selamat hari kartini...semoga kartini-kartini kita bisa lebih baik lagi kedepannya...

    BalasHapus
  8. yaaah.. kog ga ada skrinsyut nya? gw pengen liat gimana nyetir Bus pke kebaya hehee... Keren banget tuh.

    BalasHapus
  9. @ Devi dan Mila: Sangking terpesonanya nggak sempet difoto. Lagian saat itu cuma ada kamera Hp 2 MP, pasti hasilnya nggak sekeren jepretan DSLR :((

    BalasHapus
  10. Met hari Kartini (meski sudah lewat) :-)

    BalasHapus
  11. Waaahhhhh, seandainya Hari Kartini tiap hari diperingati pasti bagus tuh, soalnya tak hanya pramudi bus trans jakarta, tapi karyawati bank, dosen, Instansi pemerintahan dan banyak perempuan Indonesia akan memakai kebaya. Love Indonesia, Lam Kenal buat Merry, I really love write diary too, but now maybe not. So, we can be blogger :)

    BalasHapus
  12. yap.. perjuangan kartini memang ga sia-2... persamaan derajat wanita n pria sudah semakin nyata di zaman sekarang ini..

    BalasHapus
  13. smoga lahir kartini kartini baru :)

    BalasHapus
  14. viva kartini Indonesia!

    BalasHapus
  15. wah sayang mba Rossa ga bisa moto....Curious! :D
    Kalo saya yg nemu kayanya bakalan speechless di tempat juga deh, hehehehe

    BalasHapus