Kamis, 29 Juli 2010

Perang Cuti

Pekerjaan menumpuk atau saling lempar pekerjaan memang senjata paling jitu untuk memicu konflik di dalam kantor, tapi nanti juga baik kembali setelah pekerjaan selesai. Berbeda dengan cuti. Kalau sudah menyangkut masalah ini, ego bisa sama-sama naik dan tidak ada satu pun yang mau mengalah. Ibaratnya semua akan berjuang sampai permohonan cutinya bisa dipenuhi.

Cuti memang hak karyawan, tetapi untuk mendapatkan hak tersebut dibutuhkan usaha yang tidak sedikit. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengajukan cuti, misalnya tidak cuti di tanggal sibuk, tidak cuti saat pekerjaan menumpuk, dan kesiapan orang lain untuk mem-back up pekerjaan yang akan ditinggalkan. Terlihat mudah di teori, namun sangat sulit untuk diwujudkan.

Saat saya memulai karir sebagai teller, sangat mustahil untuk mengajukan cuti. Kantor saya merupakan cabang besar dan memiliki banyak nasabah. Saat satu orang sakit, bisa dipastikan antrian akan mengular dan komplain nasabah akan bermunculan. Selain itu terdapat semacam tradisi bahwa anak baru tidak boleh cuti. Kenapa? Karena seniornya sendiri pun sulit cuti. Tidak jarang saya dipandang sinis saat mengajukan cuti ke atasan, komentar paling awal adalah, "Emang lo udah punya cuti?". Yey, anak baru juga punya hak cuti ya setelah 3 bulan bekerja. Komentar yang kedua adalah "Pokoknya gw ngga mau approve cuti di tanggal kejepit, hari senin, atau hari jumat". Okey, saya tau maksud kalian adalah "Lo ngga boleh cuti". Siapa sih yang tidak kehilangan mood untuk cuti jika sikap para atasan seperti itu?  Alhasil, total cuti yang saya gunakan selama di teller: 1 hari.

Kemudian saya pindah ke back office. Memang tidak berhadapan langsung dengan nasabah, tetapi load pekerjaan tidak berkurang, malah saya juga harus ikut menghandle pekerjaan costumer service. Lebih sulit cuti lagi karena hanya dua orang tim back office yang dapat menghandle pekerjaan teller dan CS sekaligus. Untungnya atasan baru saya lebih fleksibel dalam urusan cuti, beliau mengijinkan anak buahnya cuti selama back up mereka mengijinkan orang tersebut untuk cuti. Lagi-lagi saya tidak bisa cuti karena back up saya cuti menikah, cuti bulan madu, cuti liburan hari raya, untuk kemudian dia pindah ke kantor pusat mendahului saya. Yeah, lucky me.

Sekarang saya pindah ke kantor pusat. Peluang cuti lebih besar dan saya mulai membuat rencana liburan. Setelah browsing sana-sini, akhirnya saya mendapat tiket murah ke Bali di bulan Oktober. Dengan semangat menggebu saya menceritakan rencana liburan kepada seorang teman kantor, reaksi yang dia berikan sungguh di luar dugaan.

"Loh, Oktober kan aku mau cuti married, terus si P juga lagi cuti melahirkan. Pasti kamu ngga bisa cuti di bulan Oktober".

Ya, satu hal yang terlewat dari perhitungan saya: orang lain sudah duluan "membooking" tanggal untuk cuti.

Baiklah, saya mengalah. Saya mencari lagi tiket murah untuk bulan lain, sambil mengingat baik-baik pesan orang kantor, "Si B udah punya tiket ke Bali bulan September setelah lebaran". Yang artinya adalah: saya tidak bisa cuti di bulan September. Esoknya saya ke kantor membawa print tiket pesawat dan mengumumkan ke semua orang dalam ruangan,

"Gue udah punya tiket untuk bulan Desember. Ngga ada yang boleh cuti di Desember. December is mine!!!"

Liburan saya untuk tahun ini: aman.

Kemudian muncul masalah baru. Rebutan cuti hari raya. Beberapa orang dengan seenaknya sudah berbicara kepada atasan untuk meminta cuti di tanggal "kritis" tersebut. Beberapa lainnya sudah membooking tiket penerbangan untuk hari raya. Mau tidak mau saya jadi panas. Dua tahun penuh saya tidak bisa cuti di hari raya, yang paling parah saat harus merayakan Lebaran hanya berdua dengan adik karena orangtua mudik. Saat suasana mulai panas karena semua orang memperebutkan tanggal cuti di hari raya, saya iseng nyeletuk,

"Gue juga mau doooong cuti pas Lebaran. Udah dua tahun nih ngga pernah bisa cuti pas Lebaran".

Dan tanggapan mereka adalah

"Halah, kampung di Bogor aja minta cuti. Bogor mah deket, berapa jam juga nyampe. Kalau ke Lampung atau ke Bali kan jauh, jadi perlu cuti".

Wooooiii..... orangtua papa saya, alias kakek nenek saya itu ada di Bengkulu yaaa... It means: Saya juga butuh cuti untuk mudik. Udah 2 taun saya ngga lebaran bareng keluarga besar!!!!

"Lo masih single ini Cha".

"Lo belum punya suami ini Cha".

"Lo belum berkeluarga ini Cha".

Jadiiii, karena saya masih single, belum nikah, dan belum berkeluarga, saya HARUS SELALU mengalah untuk kalian? Saya bosan jadi pihak yang selalu mengalah, kenapa kalian tidak pernah mendengarkan perasaan saya sih? Saya juga punya keluarga ya, saya ingin menghabiskan waktu lebih banyak bersama mereka. Apa bedanya dengan kalian yang sudah menikah dan memiliki keluarga sendiri?

Pelajaran yang saya ambil adalah: rencanakan semua cuti yang dimiliki 1 atau 2 bulan menjelang tahun baru. Jika ada rencana liburan, segera cari tiket dan booking segera. Di awal tahun, diskusikan semua rencana tersebut dengan atasan, perlihatkan tiket yang dimiliki jika perlu, dengan demikian tidak ada lagi cerita kecolongan start cuti.

Di lain waktu saya mengobrol dengan teman yang akan cuti dan berangkat ke KL beberapa hari ke depan.

"Iiiihh, enak ya bisa cuti melulu. Gue dong, 8 hari cuti taun kemaren hangus karena ngga dipake", keluh saya.

"Salah sendiri punya cuti ngga dipake. Cuti gue aja selalu abis tiap tahunnya", jawabnya acuh.

Hegh. Pengen marah. Pengen teriak. Pengen nonjok. Dan pengen banget ngomong ini kenceng-kenceng.

"YA KARENA GW PEDULI SAMA PERUSAHAAN INI, DODOLL!!! MAKANYA GW BELA-BELAIN MASUK TERUS DAN JADI ANAK RAJIN!!!"

Sayang, saya cuma bisa ngomel dalam hati.


Sometimes, I just hate them. 
(highlighted the 'sometimes' word).

29 komentar:

  1. Sabar yak bu. Emang suka begitu. Kadang kita udah usaha banget buat ga jadi orang yang egois, tp yg ditolerir ga sesuai harapan n akhirnya bikin emosi. Sekarang tarik nafas dulu.. Yak satu, dua, tahan.. Jangan nafas, yak tahan.. Tahan.. *Loh, ini mau nyuruh Rossa ngapain sih?!? Haha..

    BalasHapus
  2. Ocha rebutan cuti karena mau ke Melbourne yah :p

    BalasHapus
  3. GUEE MAU CUTIIIIIIIIIIIIIIIII......
    GUE BUTUH LIBURAANNNNNN............

    hiks...

    BalasHapus
  4. sabar mbak....
    saya ngerti kok perasaan mbak rossa..
    mengalah juga ada batasnya..
    tapi it means mbak harus nikah,, yay... hehehe..
    *emuah

    BalasHapus
  5. sabar ya.. dunia kerja kadang memang kejam...

    BalasHapus
  6. wah kerja kantoran ternyata susah, saya jadi berpikir bisa ngga ya saya yang seperti ini menghadapi dunia kerja saya nanti, huhuhu, *pusing*

    Saya ngga mungkin bilang sabar ke kakak, soalnya saya belum pernah ngalamin, dan saya pasti ngedumel juga kayak kakak kalau dihadapkan pada situasi yang sama.

    BalasHapus
  7. Hehe... Kesimpulannya cuti itu perjuangan. Selamat berjuang supaya jatah cutimu bisa diambil.

    BalasHapus
  8. Ayo SEMANGAT!!!!!
    Berjuang ca..
    cuti kan hak kita..
    kita kan bukan robot yang harus terus menerus kerja..
    aku dulu pernah kaya kamu..
    kerja ditempat yang kita gak boleh cuti..padahalitu kan hak..
    mending iya..cutinya diganti uang..
    kalau angus...(^_^)

    BalasHapus
  9. wah seribet itu ya mau cuti aja... aku yang sekarang lagi sekolah plus magang inipun udah kebal ama hari libur jadi ya pulang jika ada kesempatan, natal maupun lebaram udah gak ngarep lagi bisa liburan...
    cuman jadi emosi nih kalo ada yang bilang kalo single gak butuh kumpul keluarga kayak mereka^^

    BalasHapus
  10. wah, sabaar...duh...jadi inget wkt kerja dulu. kadang emang ada perusahaan yg susah banget kasih cuti.

    BalasHapus
  11. kerja di Bank ya Mer?? keknya emang klo kerja d bank tuh susah cutinya yaa, secara kerjaannya numpuk gitu, selain temannya yg tereak2 gak boleh cuti, nasabah jg bakalan tereak2 klo orang banknya kurang coz antrian bakalan mengular, xixiixix

    BalasHapus
  12. wah kalo temen menangan gt, temen2nya egois deh.. egp aja lah.. hahah, kalo mau cuti ya cuti ajah

    BalasHapus
  13. hhm.....
    jadi inget sama temanku, kerja kantoran juga, dan bermasalah sama cutinya jugaa...
    kayaknya hampir sama, dia selalu mengalah...

    akhirnya setelah 2 tahun, dia cape mengalah
    dan tanpa babibu..lagi, dia cuti.
    gak mau kalah lagi.

    hhmm....
    susah juga ya kalo pingin cuti, sebenarnya berhak cuti,
    tapi gak dapat ijin dari bos
    atau dari rekan kerja.

    jadi gak bebas gitu

    BalasHapus
  14. Tanteeee....
    cutinya nanti maen sama Dija aja yah

    BalasHapus
  15. hihihihi...cuti nasibmu memang.....untungnya gw dapet bos yang baik2 selalu.....hhihi...jd no problemo...

    BalasHapus
  16. sy juga pernah digituin, malah terang2an dibilangin sama ibu2 "kalo masih anak baru itu jangan sering2 ambil cuti"
    hhehh, apa hubungannya anak baru sama orang lama? lagian disini, banyakan ibu2nya itu pada magabut, ga punya kerjaan, makanya jadi merasa ga perlu ambil cuti, karena toh sehari2nya mereka juga ga kerja. lagian juga, mereka itu udah tinggal sama keluarga masing2, ga kayak para anak muda di kantor ini yg rata2 anak rantau dan ngekos, dan otomatis ga idup bareng ortu. Skali2 kan boleh dunk punya lebih banyak waktu sm orang tua..

    tapiii, sabar sajalah.. badai pasti berlalu, ya gak cha? :D
    *gak nyambung yap :))

    BalasHapus
  17. hehe... rambutnya keboo lurus kok mbak, cm agak mengembang dan messy...
    sering org nanya apa keboo udah sisiran ato belon, hiks... *curcol

    BalasHapus
  18. Aku juga sering tak bisa memanfaatkan cuti, karena kesibukan kantor yg luar biasa...
    Begitulah, ada orang2 yg bisa leluasa ambil cuti sementara yg lain cari waktu luang utk cuti aja repot.
    Apalagi kalau di kantor kalau mau cuti kudu mikirin kerepotan kantor selama kita tinggal cuti... :(

    BalasHapus
  19. kebayang gondok nya tuh mbak..senioritas ky jaman SMA :D

    aku baru ngambil cuti loh mbak kemariin *manas2in :p*

    mbak kantornya dimana?deket sarinah jg kah?aku di depan patung kuda sebelah BI *hayoo tebak :D*

    BalasHapus
  20. duh jadi kemerah-merahan niy rumahnya
    keren...

    perang cuti? seru juga
    hahahaha
    pegawai bank emang susah cuti sih

    BalasHapus
  21. biasa kalo cuti jadi rebutan.Sebaiknya tiap akhir tahun sudah dibuat jurnal cuti oleh boss masing karyawan harus isi , nach ini jadi rebutan lagi....ijin utk posting blog ini dan kalo boleh blog walking/tukerin link
    http://ina-tanaya.blogspot.com/. Tks..

    BalasHapus
  22. hahaha, ternyata kak rossa bisa marah2 juga...
    sabar yaa >.<
    kalo tetep nggak dapet cuti, lempar pake komputer ajaa,haha

    BalasHapus
  23. mau cuti tuh susah ya teryata, dikira emg udah ada jatahnya pasti bisa..

    BalasHapus
  24. huahahaa... nasiiiib.. nasiiiib....
    beginilah nasib jd kuli, gw aja biar cuti ttp di telponin boss besar, di imel-in klien & di titipin pesen di inbox pesbuk soal kerjaan sama bagian engineering *curcol*

    BalasHapus
  25. whoa, susahnya mba, padahal jatah cuti memang hak ya mba...

    saya doakan semoga rencana cutinya kali ini dapat terlaksana...amin... ^^

    BalasHapus
  26. woaaah, yg sabar ya :D bentar lagi klo jadi atasan sapa tau aja bisa cuti seenaknya (loh?) hihi
    semoga rencana liburannya terlaksana :D

    BalasHapus
  27. Kalo kerjanya jadi guru enak kali ya, anak sekolahan libur, eh dia juga ikutan libur...

    BalasHapus
  28. Sama dengan saya, sekrg jg lom dpt ijin cuti, padahal udah beli tiket... ngga nich gimn...

    BalasHapus
  29. dulu sy iri banget sm orang yg punya jatah cuti, soalnya sy kerja di perusahaan yg nggak mengenal sistem cuti...
    trnyata cuti bukan hal gampang ya...

    BalasHapus