Jumat, 25 Desember 2009

Online Shopping

Haaa... yang namanya perempuan pasti nga bisa dipisahkan dengan kata belanja. Termasuk saya :) I'm not a shopaholic...hanya terkadang suka bablas klo udah kalap belanja :D hahahahaha...

Cara belanja yang sering saya lakuin paling muter-muter mall nga jelas sampe menemukan sesuatu yang menarik hati, itung-itung olahraga dalam mall laaahh. Tapi dengan perkembangan teknologi sekarang, saya nga perlu ngider-ngider ke banyak mall untuk belanja. Cukup ngendon di rumah, mantengin laptop seharian, menggerakkan jari-jari, dan saya pun terhubung dengan banyak situs yang menawarkan online shopping.

Tempat favorit saya untuk ber-online shopping-ria kebanyakan ada di friend list Facebook. Situs yang satu ini memang multiguna, selain berfungsi sebagai  situs jaringan sosial, dapat juga digunakan untuk online shopping. Penggunanya tinggal memasang foto barang-barang yang akan dijual, menuliskan spesifikasi barang, harga, dan cara pemesanan, kemudian mempublish ke semua pengguna Facebook. Benar-benar cara promosi yang mudah, pelaku online shopping juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa tempat, lapak, atau kios. Dengan budget minim, seseorang dapat menjalankan usahanya. Hal-hal seperti inilah yang menyebabkan banyak orang lebih memilih online shopping untuk berjualan. Selain Facebook, banyak juga yang menggunakan blog pribadi (contohnya blogspot dan multiply).

Kenapa saya memilih untuk menggunakan online shopping yang ada di Facebook? Karena sistem pembayarannya tidak perlu menggunakan kartu kredit. Hahaha, sampai saat ini saya memang tidak berani menggunakan kartu kredit untuk pembayaran di dunia maya (kecuali pembayaran tiket pesawat yang mengharuskan pembayaran via kartu kredit), banyaknya kasus pembobolan kartu kredit melalui transaksi online shopping cukup membuat saya ragu. Pembayaran online shopping di Facebook biasanya dilakukan dengan cara transfer ke rekening tertentu, full payment untuk barang ready stock atau half payment untuk barang pre order. Untuk barang ready stock, setelah uang diterima maka barang akan dikirim. Sedangkan untuk pre order, barang akan dipesan atau dibuat dahulu, setelah barang selesai pelanggan akan diinformasikan dan membayar sisa pembayaran, jika pembayaran telah diterima maka barang akan dikirim. Pre order biasanya memakan waktu 2minggu sampai 1bulan.

Saya makin tergila-gila dengan online shopping karena (akhirnya) saya menemukan satu tempat yang dapat membuat sepatu dengan desain sendiri. I am shoes lover. Saya sering dibuat kesal dengan ukuran kaki yang agak sedikit besar, sepatu yang saya incar biasanya nga ada nomornya :( Dengan online shopping ini saya bisa memiliki sepatu tersebut, tinggal kasih gambar desainnya, sebutkan nomor sepatu, warna dan bahan yang diinginkan, nego harga, dan voila...2minggu atau 1bulan kemudian sepatu tersebut jadi milik saya.

Teman-teman saya sih selalu berkomentar "ko berani sih olshop? kita kan nga nga tau baju itu pas di badan dan sepatu itu pas di kaki kita atau nga". Memang sih, itu adalah salah satu resiko online shopping. Gambling. Tapi sampai saat ini saya tidak mendapatkan masalah cukup berarti, baju yang dipesan pas di badan, sepatu nga kegedean ato kekecilan, tas juga sesuai keinginan hati.
Ini beberapa tips dari saya untuk ber-online shopping-ria (Ini tips "pinter-pinteran" dari saya aja yaaa...):
1. Bawel. Tanya sedetail mungkin barang yang akan kita beli. Contohnya kita akan membeli dress, tanyakan bahannya dari apa, ukuran lingkar dada, lingkar lengan, lingkar pinggang, dan panjang baju, bahan bisa melar sampai berapa cm, aksesoris yang menempel (beberapa online shopping menjual aksesoris terpisah), dan lainnya.
2. Pilih online shopping yang bisa dipercaya. Kalau di Facebook hal ini bisa dilakukan dengan membaca wall dari pelanggan sebelumnya. Kalau banyak pelanggan yang merasa puas, berarti online shopping tersebut cukup kredible. Kalau banyak yang komplain "ko barang aku belum dateng", mending cari online shopping laen deh.
3. Pilih online shopping yang paling aktif dan antusias membalas pertanyaan kita.
4. Tanya serinci mungkin cara pembayaran dan simpan bukti pembayaran.
5. Khusus untuk pemesanan sepatu, ukur panjang kaki kita ditambah 1cm. Biasanya ukuran sepatu di beberapa tempat berbeda, untuk amannya kasih ukuran sepatu yang bisanya kita pakai plus panjang kaki kita.
6. Minta no registrasi pengiriman dan cek ke website yang bersangkutan.
7. Konfirmasi ulang jika dalam waktu 2-3 hari barang pesanan belum sampai.
8. Jangan ragu untuk menawar harga, minimal minta free ongkos kirim.

Selain untuk belanja baju, tas, dan sepatu, biasanya saya juga beli buku via online shopping. Berdasarkan survey yang saya lakukan (ini juga "pinter-pinteran" saya aja yaaa), harga yang ditawarkan lebih murah dibanding harga di toko buku, kalau beli banyak juga suka dikasih diskon (dasar maniak diskon). Jika mencari buku yang sudah tidak dijual di toko buku, situs ini bisa menjadi pilihan. Situs yang sering saya gunakan adalah www.inibuku.com dan www.bukukita.com Untuk daerah Jakarta, toko buku online ini tidak mengenakan ongkos kirim.

Pesan saya cuma satu: Awas jangan kalap belanja.

Cheers....

4 komentar:

  1. uda nyoba belanja via Kasku FJB belum? lebih asyik lho..!

    BalasHapus
  2. Belummm....emang udah pernah nyoba belanja apa?

    BalasHapus