Sabtu, 16 Januari 2010

Dingin !!!

Semingguan ini Jakarta mendung-mendung nga jelas. Kadang cuma mendung, kadang gerimis, dan kadang turun hujan yang dereeess banget (yeay nasabah nga bisa dateng ke bank). Yang menyebalkan kalau hujan turun pas saya musti bangun pagi. Jam 04.30 alarm bunyi, samar-samar ada suara hujan, tarik selimut lagi aaahh... Jam 05.00 mama mulai bangunin sambil ngomel-ngomel "Kamu kerja kan hari ini? Ayo bangun, nanti ketinggalan bis. Ujan deres tuh, mau mandi pake air panas nga?" Hiiihh...daripada mandi pake air panas dan bakal kedinginan dua kali lipet setelah mandi, saya lebih milih mandi pake air biasa yang sepertinya baru keluar dari kulkas. Jam 05.35 berangkat ke kantor, lengkap dengan payung. 06.30 nyampe Jakarta, dan ternyataaaa...Jakarta cuma mendung, tanpa hujan. Orang sekantor cuma heran aja ngeliat saya yang semingguan ini rajin banget bawa dan ngejemur payung basah di kantor (di rumah saya hujan deres banget tauuuuu.....).



Kalau untuk masalah hujan, saya nga pernah ngeluh. Saya cinta hujan. Saya cuma benci udara dingin yang selalu menyertai sang hujan. Apalagi kalau Jakarta cuma mendung, anginnya itu kenceng plus dingin bangeeettt.... Bayangin aja, saya musti nunggu bis di UKI dengan angin seperti itu selama 30 menit. Hiiihhh, nga sangguuuupp. Saya heran, orang Indonesia kok cinta banget dengan teknologi bernama Air Conditioner, kalau cuaca panas sih wajar aja alat ini dipake, tapi kalau musim hujan gini masih pake AC? Itu sih kebangetan menurut saya.

Pagi-pagi, masih ada kabut plus embun, hujan pula, saya naik bis ke Jakarta dengan AC yang poll bangettt. Bbbrrrr.....Walau AC nya udah saya tutup plus pake jaket, tetep aja menggigil. Sampe kantor, AC udah nyala dari jam7, hiiiihhh udara di dalam kantor lebih dingin dibanding di luar. Mau ngomel-ngomel sama siapa coba? Minta AC nya dikecilin juga nga bisa, soalnya AC central. Ooohh nasiiibb....Kalau udah kedinginan gini, tangan saya kaku beku dan nga bisa ngetik, belum lagi migrain yang ikutan mampir. Di kantor dari jam 07.30 sampai 18.30, selama itu saya 'terpapar' dinginnya AC. Pulang ke rumah, kena AC lagi di bis. Ampuuunnnn.... Saya baru bisa bernapas lega ketika sampai di rumah, hangat rasanya.

Suatu waktu saya menemani seorang teman ke sebuah bank. Guess what? AC nya jauh lebih dingin dibanding kantor saya (padahal hari sedang hujan). Saya cuma bisa prihatin, gimana para pekerjanya ya. Apa nga mati beku tuh di dalem. Masalah AC ini juga sering dikomplain oleh nasabah di tempat saya "Duuuhh, AC nya dingin amat sih, saya habis kehujanan bisa masuk angin nih. Kamu nga kedinginan emang?" Nga Pa, saya nga kedinginan, cuma mulai sesek napas aja.

Kenapa sih, semua orang dan semua tempat berlomba-lomba menyalakan AC dengan suhu paling dingin? Mbo ya musim hujan gini AC nya diganti mesin penghangat ruangan gitu (di Indonesia ada alat kaya gini nga sih?). Ini kok salah kaprah, udah dingin, ditambah dingin dengan AC. Aaaahh, saya selalu cinta Indonesia dengan iklim tropisnya. Hangat dan nyaman. Sepertinya saya memang tidak cocok tinggal di negara dengan empat musim ya :)

11 komentar:

  1. saya juga suka sekali dgn hujan, tp klo bisa sih jgn pas berangkat dan pulang kantor..

    heheheh

    BalasHapus
  2. wuiihh....klo berangkat pagi bener mbak

    BalasHapus
  3. Iya, seharusnya AC digunakan sesuai kebutuhan ya mbak. Musim hujan, dingin, so far di kota saya masih asyik, soalnya gak sampai banjir.

    BalasHapus
  4. Hahahaha, untungnya kantorku mulai beralih menggunakan kipas angin akhir akhir ini :).

    Penghematan. Soale kalo pake AC banyak yang kena flu

    BalasHapus
  5. AC kan emang sering diterjemahin orang sini sebagai pendingin ruangan. :D jadi, mesti lebih dingin dari suhu luar. hehehe....

    saya sih gak terlalu suka AC. kecuali AC atm saat siang-siang musim kemarau. adeeem...

    BalasHapus
  6. @ Bandit: Iyaaa...waktu lagi di kantor aja hujan yang dereeesss. Nasabah nga bisa dateng, nga ada kerjaan, tidur, tau-tau udah jam5. Tinggal pulang ;)

    @ Etha: inilah yang terjadi kalau rumah di daerah Bogor dan kantor di daerah Jakarta.

    @ Newsoul: ooohh...banjir sih cuma "bonus" :)

    @ Cipu: kantor saya bukannya ngecilin AC malah sedia stok redoxon supaya karyawannya nga sakit. ckckckck....

    @ Shige: Coba kamu stay di dalem ATM ber-AC itu dari jam8 sampe 5 sore (kira-kira itulah yang saya alami dari hari senin-jumat).

    BalasHapus
  7. cuaca akhir-akhir ini emang ga menentu,pengaruh global warming juga kali..

    tapi aku suka hujan.. :)
    moga jauh2 dari sakit ya mba..

    BalasHapus
  8. @ Syifa: Iyaaa...jaga kesehatan ya sist :)

    BalasHapus
  9. mr. bru sez: waktu masih ngantor di daerah indramayu sih AC...wajib hukumnya!!!wuedeeehh gile ajee, jam 9 udah kayak di oven ajah itu mah..hahahahahaha.....

    BalasHapus
  10. Mr Bru: Jakarta juga panaaass tauuu...tapi kantor dinginnya amit-amit.

    BalasHapus