Kamis, 11 Februari 2010

Banjir Jeruk


Setiap menjelang perayaan Natal dan tahun baru kantor saya pasti dibanjiri kiriman cake cokelat, sedangkan untuk perayaan Imlek yang jatuh hari minggu ini (14/02) kantor dibanjiri hantaran jeruk. Hhhmmm... yang pasti, saya tidak perlu bersusah payah menahan diri untuk ikut menikmati "banjir" ini. Beda dengan "banjir" saat Natal yang harus dengan sekuat tenaga saya hindari (Duuuuhhh.. kayanya cake coklatnya enak deeehh, tapi jarum timbangan saya bisa geser ke kanan terus) Hiks....

Kenapa Imlek identik dengan jeruk. Ini jawaban yang saya simpulkan berdasarkan hasil Googling :D 

Di saat bangsa Cina masih memuja dewa dewi, seringkali jeruk dijadikan sebagai buah untuk persembahan atau pelengkap untuk sembahyang. Jeruk melambangkan kemampuan untuk berkembang: dari satu buah jeruk, terdapat banyak biji jeruk yang dapat dikembangkan menjadi beberapa pohon jeruk. Warna jeruk yang oranye dan cenderung keemasan mencerminkan lambang kemakmuran dan kekayaan. Kokohnya akar pohon jeruk adalah simbol kekuatan dan ketahanan. Sedangkan rasa jeruk yang bervariasi antara asam dan manis menunjukkan kehidupan manusia yang tidak melulu manis, walau terkadang merasakan asam pahit getir kehidupan, tetapi masih ada sekeranjang kenangan manis yang masih bisa diingat. Buah lain yang sering dijadikan hantaran saat Imlek adalah apel dan pir kuning sebagai simbol "pelengkap yang sempurna" atau keharmonisan sebuah keluarga. 

Sepertinya banjir jeruk ini akan terus berlangsung sampai hari Jumat, jadi saya tidak memerlukan suplemen vitamin C untuk satu minggu ke depan ;)

Well, maybe it's a little bit earlier to say, but

Gong Xi Fa Cai

untuk kalian yang merayakan :)



PS: saya masih menerima kiriman jeruk :D

22 komentar:

  1. waa..kirim2 dunk ketempat ku jeruk nyah skalian angpao nya ya, hehehe :D

    BalasHapus
  2. Mb rossa...salam kenal..kunjung balik ..

    BalasHapus
  3. Kalo aku lebih suka banjir angpao ma kue kranjangnya...
    hahahhahaa... :D

    BalasHapus
  4. pantas saja banyak yang jualan jeruk. (lha..kayaknya dari dulu emang banyak yang jualan jeruk) :p

    BalasHapus
  5. Mer, kalo kita kopdaran, bawain jeruk yah :)

    BalasHapus
  6. One of my favorite fruits, jeruk. Murah dan menyegarkan :p

    BalasHapus
  7. Wah wah, mupeng liat jeruk yang banyak hehe.
    oooh, ternyata gitu yaaa artinya, dalam ya makna buah jeruk ini: sam manis kehidupan hihi.

    Bagi2 ke bandung doong say jeruknya ;)

    BalasHapus
  8. tuh jeruh harganya sebuah doarebo,, secara ku juga barusan beli 2000/psc harganya . hiiihii

    BalasHapus
  9. jeruk favorit saya. dulu waktu masih di rumah, tiap pagi saya pasti minum jus jeruk campur jus wortel.. berkhasiat; saya jarang sakit dan mata saya baik2 saja sampai sekarang. :D

    BalasHapus
  10. ati2 sakit perut sa..
    aku sakit perut nih gara2 kebanyakan makan jeruk ^^

    BalasHapus
  11. boleh dikirim ke jogja tuh.. daripada di sana kebanjiran jeruk.. jangan2 lama2 nggak banjir lagi, tapi berenang jeruk.. hehehe *lebay*

    BalasHapus
  12. guah... pengennn... udah bosen maem rumput, mau yg seger.. hehe..
    gong xi fat chai...

    BalasHapus
  13. @ Dv: waduh, saya cuma dikirimin jeruk minus angpao ;)

    @ Lilah: thanks for visiting...segera meluncur kesana :)

    @ Ieyaz: huhuhu...gigi saya ngga kuat makan kue keranjang yang terlampau manis itu, tapi kalo banjir angpao sih ngga ada yang nolak :D

    @ Henny: hahahaha...iyaaa, jeruk ada di segala musim ya :p

    @ Cipu dengan Okkotsnya: Hayoooo...kapan kita kopdaran :D

    @ Desi: Orange, bittersweet of life. Waduh, ke Bandung jauh, kamu aja yang kesini ;)

    @ Fi: bukan masalah harganya, tetapi niat dan makna di baliknya.

    @ Shige: ukhhh...mata saya minus 2, dan setiap disuguhin jus wortel campur jeruk rasanya dunia udah kiamat. Hate carrot sooooo much.

    @ Syifa: kyaaa...bener banget fa, kemaren maag aku hampir kambuh :p kalap kebanyakan makan jeruk.

    @ Anna: Oooohhh...kamu di Jogja ya say? Nanti kalo aku kesana kita kopdaran yaaa :)

    @ Keboo: haaa...jangan ngerumput terus, makan buah sekali-sekali :p

    BalasHapus
  14. mao jeruk , mau angpao, kalo situ kebanjiran, sini rela menerima operannya lho..
    hihihihihihi

    BalasHapus
  15. bu..bagi jeruknya bu..
    saya belom makan jeruk sejak bulan lalu..ha ha

    BalasHapus
  16. Makasih buat infonya...jadi tambah ilmu neh tentang ada apa dengan jeruk dan imlek?... :D

    BalasHapus
  17. @ Exort, Bandit, Hesty dan Feli: ayooo mampir ke kantor saya. Hari ini saya suksesss makan lima jeruk. Ternyata jeruk seru juga untuk dijadiin cemilan sambil ngobrol :p

    BalasHapus
  18. ga seimbang antara jeruk dan ongkos buat mampir ke kantornya jeng merry..itung-itungan mode : on hoho

    BalasHapus
  19. Jadi itu ya alasan jeruk identik dgn imlek? Thanks infonya...

    BalasHapus
  20. mr. bru:tuh ponakan elo paling demen ama jeruk...

    BalasHapus